Jih Lilur CEO Balad Group Memulai Budidaya Udang Barong di Indonesia & Vietnam


 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Diberitakan sebelumnya Balad Grup memulai budi daya lobster atau yang dikenal dengan udang barong. Hal tersebut disampaikan oleh penguasa asal Kabupaten Situbondo, Khalilur R. Abdullah Syahlawiy.
 
Pria yang akrab disapa Jih Lilur asal Dusun Sokaan, Kabupaten Situbondo ini menyampaikan kepada Arjuna News, Balad Grup fokus menggarap bisnis budi daya udang barong Indonesia dan Vietnam.
 
 
“Sesuai Permen KKP Nomor 7 Tahun 2024, Pembudi daya Lobster di Indonesia bisa berbudi daya di luar negeri kini saya sedang mengurus legalitas kemitraan di Kementerian MARD Vietnam / KKP Vietnam,” tutur Jih Lilur, Senin, 9 September 2024.
 
Menurutnya, rencana budi daya udang barong di beberapa Provinsi. Diantaranya, sebut dia, NTT, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau dan Maluku. Untuk Budi daya Lobster ala Joint Venture antara Perusahaan Indonesia dan Perusahaan Vietnam.
 
“Sambil menunggu terbentuknya 21 JV – Joint Venture antara 21 Perusahaan saya dengan 21 Perusahaan Vietnam, kami memutuskan untuk berbudi daya udang barong atau Lobster secara Mandiri. Artinya, kami tanpa menunggu adanya JV akan berbudi daya sendiri,” urai Jih Lilur.
 
Untuk hal tersebut, Jih Lilur akan membuat 13 PT baru yang secara khusus akan di gunakan di Gugusan Teluk Kangean Kabupaten Sumenep Jawa Timur Indonesia. Sedangkan untuk pembudi dayanya adalah Tim Situbondo, Tim Kangean dan Tim Kantor Graha Pena.
 
“Gugusan Teluk Kangean berada di Utar Timur rumah kami di Situbondo, tepatnya di sebelah Utara Bali. Namun msh dalam Wilayah Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Guna untuk mempermudah transportasi dari samping kiri rumah kami di Pelabuhan Kalbut Situbondo) ke Pulau Kangean dan sebaliknya,” bebernya.
 
Selanjutnya, tambah Jih Lilur, pihaknya akan membeli dua unit kapal Pengangkut dengan ukuran panjang 35 meter, lebar 11 meter, tinggi 7 meter. Hal ini yang akan menjadi nadi transportasi dari Pelabuhan Kalbut ke Gugusan Teluk di Pulau Kangean.
 
“Sedangkan untuk tahap awal, pihaknya akan lansgung berbudi daya 1.000.000 ekor di area 20 hektare. Itu per Hektar akan saya isi 50.000 ekor lobster mutiara. Saya berharap bisa memperoleh minimal 10 teluk di gugusan Teluk Pulau Kangean untuk Lokasi Budi Daya Udang Barong alias Lobster,” kupasnya.
 
 
Kapan budi daya udang barong dilakukan? Kata Jih Lilur akan digarap mulai Oktober 2024. Sepulang Tim EBARA survei di Lombok Timur NTB, 4 orang akan belajar lagi di Phu Yen Vietnam dan pada awal Oktober, Jih Lilur akan mulai membuat keramba jaring apung
 
“Sembari Keramba Jaring Apung dibuat BGJ – BALAD Grup Jatim akan ajukan perizinan budi daya lobster di semua Gugusan Teluk Kangean. Saya juga akan fokus berbudi daya Lobster di Gugusan Teluk Kangean dengan agenda budi daya dalam satu tahun 10.000.00 ekor,” imbuhnya.
 
Ia membeberkan, beberapa PT yang akan membudidayakan udang barong antara lain, PT. Kanduruhan Budi Daya Lobster (Kanduruhan BDL); PT. Bindoro Arya Dwiryapada Budi Daya Lobster (PT. Bindoro Arya Dwiryapada BDL); PT. Arya Panole Budi Daya Lobster (Arya Panole BDL). Sisanya, sebut Jih Lilur, PT. Bhujuk Bagandan Budi Daya Lobster (PT. Bhujuk Bagandan BDL); PT. Yudha Negara Budi Daya Lobster (PT. Yudha Negara BDL); PT. Wira Menggala Budi Daya Lobster (PT. Wira Menggala BDL).
 
Tak tanya itu saja, sambung Jih Lilur, juga terdapat PT. Kyai Mas Su’ud Budi Daya Lobster (PT. Kyai Mas Su’ud BDL); PT. Arya Wira Raja Budi Daya Lobster (PT. Arya Wira Raja BDL); PT. Pangeran Batu Putih Budi Daya Lobster (PT. Pangeran Batu Putih BDL).
 
Lalu juga ada, sebut Jih Lilur, PT. Raja Pandita Wunut Budi Daya Lobster (PT. Raja Pandita Wunut BDL); PT. Khatib Padusan Budi Daya Lobster (PT. Khatib Padusan BDL) dan PT. Pangeran Katandur Budi Daya Lobster (PT. Pangeran Katanfur BDL). “Terakhir ada PT. KRH. Krendo Panulahar Budi Daya Lobster (PT. KRH. Krendo Panulahar BDL),” jelasnya.
 
Jih Lilur juga berencana menggarap pabrik pakan Lobster dengan JO PA DRA (Jago Olah Pakan Samudera Nusantara). Inisiatif ini, dipicu oleh sulitnya dari Budi Daya Lobster adalah pengadaan pakan.
 
“Oleh karena itu saya beruntung karena di Rumah saya di Situbondo Jawa Timur, sehingga seluruh Pakan Udang Barong tersedia. Diantaranya berupa kerang, kepiting, rajungan dan ukan-ikan kecil,” pungkasnya. (Tim/Red)
Posted in News

Berita Terkait

Top