Untuk Meningkatkan Aparatur Linmas Mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Desa Sumberkolak Panarukan


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Pemdes (Pemerintah Desa) Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Kahupaten Situbondo adakan pelatihan Linmas secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal penanggulangan bencana, keamanan lingkungan, serta pelayanan masyarakat. Kerjasama dengan Instansi Terkait pada Tanggal 14 s/d 15 September 2024.
 
Dalam pelatihan ini Pemdes bekerja sama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kwartir Cabang Pramuka sebagai Nara Sumber dalam Pelatihan ini untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik dan mendalam dengan materi yaitu, PBB, Dinamika Kelompok, fungsi dan peran Linmas dan Fun Game berupa rayap tali, panjat Jaring dan Heli Rapling. Selasa, (17/09/2024).

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Propinsi‼️SITUBONDO TERBAIK ke 2‼️Penyusunan RKPD‼️

Dengan diadakannya pelatihan  ini memastikan Linmas memiliki perlengkapan yang memadai seperti seragam, sepatu, senter, serta alat komunikasi yang berfungsi dengan baik.
 
Sediakan Posko Linmas yang nyaman dan dilengkapi dengan perlengkapan darurat seperti kotak P3K, alat pemadam kebakaran, dan perbekalan agar maksimal dalam melayani masyarakat.
 
Selain itu, komunikasi antara Linmas dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, serta warga harus terbangun dengan baik sehingga Ada komunikasi yang baik tentang tugas dan fungsi Linmas kepada masyarakat.
Koordinasi dengan RT/RW: Libatkan RT/RW dalam kegiatan Linmas untuk memperkuat sistem keamanan dan ketertiban di tingkat desa. 
 
Dengan ini para anggota Linmas yang lengkap dan terupdate,Manfaatkan teknologi informasi untuk membuat aplikasi yang dapat memudahkan koordinasi dan pelaporan kegiatan Linmas,contoh Kegiatan yang Bisa Dilakukan Linmas:
 
Melakukan patroli secara rutin di wilayah desa khususnya di desa sumber kolak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.
 
Juga Memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti membantu warga yang kesulitan, menjaga keamanan saat ada acara di desa. 
 
Penting untuk diingat bahwa keberhasilan peningkatan kualitas Linmas sangat bergantung pada dukungan dari seluruh elemen masyarakat, mulai dari pemerintah desa, tokoh masyarakat, hingga warga.

TERBUKTI‼️Program SEHATI (Situbondo Sehat Gratis)‼️Bermanfaat Bagi Masyarakat‼️

Kepala Desa Sumberkolak Supandi, S.Pd., mengatakan, “Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas Linmas dalam menjalankan tugasnya. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang baru, diharapkan Linmas dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat”.
 
Selain pelatihan, Desa Sumberkolak juga berkomitmen untuk menyediakan fasilitas yang memadai bagi Linmas, seperti seragam, perlengkapan, dan posko.
 
Dan aparatur Linmas Desa Sumberkolak semakin solid dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya kerjasama yang erat dengan semua lintas sektor yang ada di Desa Sumberkolak 
 
Apalagi Kemitraan ini sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan kami dalam menghadapi berbagai potensi bencana. Dengan adanya dukungan dari semua pihak kami dapat mengakses informasi dan sumber daya yang dibutuhkan.”
 
“Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Linmas dalam melakukan evakuasi, penanganan korban, serta pemulihan pasca bencana”, ujarnya. (Arief/Red)

Berita Terkait

Top