Pejabat Kesehatan AS Sangat Waspadai Varian Mu Covid-19


 

Para pejabat AS “sangat mewaspadai” varian baru Covid-19 yang mungkin dapat melewati antibodi virus corona yang ada. Dr Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan pada Kamis (2/9/2021) bahwa AS menganggap varian baru Covid-19, dijuluki Mu, “sangat serius”, tetapi belum mengambil langkah. “Kami sangat mewaspadainya. Ini benar-benar diwaspadai di sini, tetapi itu tidak sama sekali mendekati dominan (kasusnya),” kata Fauci, seperti yang dilansir dari CBS News pada Minggu (5/9/2021). “Seperti yang Anda tahu, (varian) Delta lebih dari 99 persen dominan,” ucapnya.Fauci mengatakan varian Mu, yang secara teknis dikenal sebagai B.1.621, memiliki mutasi yang menunjukkan “itu akan menghindari antibodi tertentu”, berpotensi termasuk yang berasal dari vaksin. “Tapi tidak banyak data klinis yang menunjukkan hal itu. Sebagian besar data laboratorium in vitro,” tambahnya. “…Kami tidak menganggapnya sebagai ancaman langsung sekarang.” Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Mu sebagai “varian yang menarik perhatian” minggu ini, dan mengatakan lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah varian tersebut dapat menghindari antibodi yang ada.

Virus Covid-19 diketahui bermutasi dari waktu ke waktu saat menyebar, dan tidak semua varian dapat bertahan. Baca juga: WHO Awasi Varian Covid-19 Bernama Mu, Terdeteksi Pertama di Kolombia Jika varian SARS-CoV-2, terbukti menyebar lebih cepat, menyebabkan penyakit yang lebih parah, atau mengurangi efektivitas pilihan pencegahan atau pengobatan saat ini, ia akan dikategorikan sebagai “varian yang menarik perhatian lebih serius.” Saat ini ada empat “varian yang menjadi perhatian”, Alpha, Beta, Gamma dan Delta. Delta, yang muncul di AS pada musim semi, lebih menular dan sekarang menjadi mayoritas kasus di AS. Varian Mu telah terdeteksi secara sporadis sejak pertama kali diidentifikasi di Kolombia pada Januari, kata pejabat WHO. Pejabat kesehatan Kolombia Marcela Mercado mengatakan kepada stasiun radio lokal pada Kamis (2/9/2021) bahwa Mu bertanggung jawab atas gelombang ketiga infeksi virus corona di negara itu dari April hingga Juni.

Dia mengatakan ada hampir 700 kematian per hari selama waktu ini, dan hampir dua pertiga tes Covid-19 dari orang yang meninggal kembali positif karena varian Mu, menurut laporan AFP. Dalam sepekan terakhir, Kolombia telah melihat hanya di bawah 14.000 kasus baru Covid-19 dan 530 kematian baru, menurut Universitas Johns Hopkins. Kurang dari 30 persen warga negara itu telah divaksinasi lengkap. Ada “beberapa wabah yang lebih besar” dari varian yang dilaporkan di Amerika Selatan dan Eropa, menurut WHO. Wilayah utama untuk varian ini adalah di Kolombia dan Ekuador. “Meskipun prevalensi global varian Mu di antara kasus berurutan telah menurun dan saat ini di bawah 0,1 persen, prevalensi di Kolombia (39 persen) dan Ekuador (13 persen) secara konsisten meningkat,” kata WHO.

 

 

kompas.com/global/read/2021/09/07/173046270/

pejabat-kesehatan-as-sangat-waspadai-varian-mu-covid-19?page=all.

 

Berita Terkait

Top