Terapi Oksigen Hiperbarik Pertama Kali Ada di RSUD dr. Abdoer Rahem Diresmikan Langsung Oleh Bupati Situbondo


(Foto: Gunting pita, saat peresmian Layanan Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB) RSUD dr. Abdoer Rahem oleh Bupati Situbondo, Jawa Timur. Red).
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo kini menghadirkan layanan baru, yaitu Layanan Terapi Oksigen Hiperbarik (TOHB).
 
Yang mana layanan ini merupakan metode pengobatan yang menggunakan oksigen murni di dalam ruangan bertekanan tinggi untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.
 
Bupati Situbondo, Bung Karna (Drs. H. Karna Suswandi, M.M.), meresmikan layanan ini hari ini. Beliau menyampaikan bahwa Terapi Oksigen Hiperbarik ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Situbondo dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.
 
“Terapi Oksigen Hiperbarik ini merupakan layanan baru yang pertama kali hadir di Situbondo. Kami berharap dengan adanya layanan ini, masyarakat Situbondo dapat mengakses pengobatan yang lebih optimal dan berkualitas,” ujar Bupati Karna.

Launching Terapi Oksigen HIPERBARIK‼️RSUD dr. Abdoer Rahem‼️Oleh Bupati Situbondo‼️

Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo, dr. Roekmy Prabarini Ario, menjelaskan bahwa Terapi Oksigen Hiperbarik ini bermanfaat untuk berbagai macam penyakit, seperti:Penyakit akibat dekompresi, seperti yang dialami oleh penyelam,Keracunan karbon monoksida,Gangguan penyembuhan luka, seperti luka bakar dan diabetes, Infeksi yang resisten terhadap antibiotik, Stroke, Vertigo, Penyakit Meniere, Autisme Cerebral palsy.
 
Terapi ini dilakukan di dalam ruangan khusus yang disebut ruang hiperbarik. Pasien akan menghirup oksigen murni dengan tekanan yang lebih tinggi dari tekanan udara normal. Hal ini memungkinkan oksigen untuk lebih mudah larut dalam darah dan plasma, sehingga dapat menjangkau jaringan tubuh yang kekurangan oksigen.
 
Terapi Oksigen Hiperbarik umumnya aman dan memiliki efek samping yang minimal. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk menjalani terapi ini.
 
(Foto: Tampak depan RSUD dr. Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Red).
 
Seperti : Claustrophobia (takut ruangan sempit), Pneumothorax (bocornya udara dari paru-paru ke rongga dada), Infeksi telinga tengah, Riwayat operasi telinga tengah, Wanita hamil.
 
Bagi masyarakat yang ingin mencoba Terapi Oksigen Hiperbarik, dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo.
 
Biaya untuk terapi ini bervariasi tergantung pada indikasi dan lama terapi.Layanan baru ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat Situbondo yang membutuhkan pengobatan dengan Terapi Oksigen Hiperbarik. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mereka. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top