Bupati Situbondo Hadiri Pelantikan 45 Anggota DPRD Periode 2024-2029


(Foto: Saat Bung Karna (Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM menghadiri pelantikan 45 Anggota DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Red).

Situbondo | Arjunanewsonline.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo menggelar rapat paripurna pelantikan dan pengucapan sumpah bagi 45 anggota DPRD periode 2024-2029 pada Rabu (21/8/2024).

Pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Situbondo, Achmad Rasjid, dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Situbondo, ketua partai politik, KPU, Bawaslu, serta perwakilan keluarga anggota DPRD yang dilantik.

Perum Perhutani KPH Bondowoso‼️Berikan Dana Sharing Ratusan Juta Kepada Investor & LMDH‼️ Shorts

Dari 45 kursi DPRD Situbondo, 20 kursi diisi oleh wajah-wajah baru. Sementara 25 anggota lainnya merupakan anggota DPRD lama yang terpilih kembali pada Pemilu 2024.

Formasi 45 kursi DPRD didominasi oleh PKB dengan 13 kursi, diikuti PPP dengan 9 kursi. Partai lainnya yang mengisi kursi DPRD Situbondo adalah Partai Gerindra (6 kursi), PDIP (5 kursi), Partai Golkar (5 kursi), Partai Demokrat (3 kursi), Partai Nasdem (2 kursi), PKS (1 kursi), dan Hanura (1 kursi).

Acara pelantikan dijaga ketat oleh Personil kepolisian Polres Situbondo dan anggota Satpol PP. Setiap tamu yang datang diwajibkan menunjukkan kartu undangan, sementara media yang hadir juga harus menunjukkan ID pers dan kartu media resmi dari Sekretariat DPRD Situbondo.

Ditempat yang sama, Pj. Ketua DPRD Sementara Kabupaten Situbondo, Mahbub Junaidi, mengatakan bahwa pasca pengambilan sumpah, pihaknya akan memfasilitasi pembentukan fraksi dan peraturan DPRD tentang tata tertib. Selain itu, ia juga akan memfasilitasi pembentukan pimpinan DPRD definitif.

“Tiga hal itu akan segera kami lakukan dalam waktu yang tidak lama,” ujar Mahbub Junaidi, politisi Partai Kebangkitan Bangsa.

Menurutnya, kegiatan DPRD baru akan efektif setelah seluruh pimpinan dan alat kelengkapan DPRD terbentuk. “Kami kedepannya masih akan membentuk fraksi-fraksi,” katanya.

Perum Perhutani KPH Bondowoso‼️Berikan Dana Sharing Ratusan Juta Kepada Investor & LMDH‼️ Shorts

Untuk mempercepat proses tersebut, Mahbub Junaidi menyatakan bahwa pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada partai politik untuk mengirimkan susunan keanggotaan fraksinya, baik fraksi yang utuh maupun fraksi gabungan.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan disumpah. Ia berharap sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan DPRD Situbondo semakin baik.

“Kita harapkan berkolaborasi dan sinergitas antara kami akan semakin baik,” pungkas Karna Suswandi. (Arip/Bujiono/Red).

Berita Terkait

Top