Ratusan Ekor Sapi dan Domba Ikuti Kontes Ternak Digelar Oleh Pemkab Situbondo Tahun 2023


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Gelar kontes ternak tahun 2023 diikuti oleh Ratusan ekor sapi dan domba milik peternak khususnya di wilayab Kabupaten Situbondo.
 
Kontes ternak Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemkab) melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Situbondo. Kegiatan kontes tersebut berlangsung di Alun-alun Besuki, Desa Besuki, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Rabu, (31/05/2023).

((Full)) Ini Kata H. Muhammad Asal Situbondo‼️Tantang Habib Bahar Smith‼️

Pantauan awak media Arjunanews usai pengumuman juara, para peserta pemenang lomba kontes ternak mendapatkan hadiah tropi dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi.
 
Dalam sambutannya, Bupati Situbondo menyampaikan, kegiatan kontes ternak yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Situbondo pada saat ini merupakan yang pertama di Provinsi Jawa-Timur pasca pandemi Covid-19 dan PMK. Pelaksanaan kontes ternak ini untuk memberikan motivasi bagi seluruh peternak yang ada di Kabupaten Situbondo dan sebagai upaya meningkatkan semangat masyarakat untuk terus beternak di rumahnya masing-masing.
 
“Saya yakin bahwa dengan beternak, kita akan mampu meningkatkan pendapatan perkapita dan tingkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo”, ucapnya.
 
“Insya Allah acara kontes ternak di Kabupaten Situbondo akan kita laksanakan setiap tahun. Semangat para peternak sapi, kambing dan peternak domba yang ada saat ini agar terus di gelorakan”, sambungnya.
 
BK menambahkan, Ia meminta kepada kepala Disnakkan Kabupaten Situbondo untuk terus berupaya meningkatkan penghasilan masyarakat yang beternak sapi, kambing dan ternak domba. Yaitu dengan memberikan layanan kesehatan hewan secara optimal melalui Puskeswan yang ada di Kabupaten ini.

M3TAL 🤟GANJAR Pranowo For All Presiden 2024‼️

Ditempat yang sama, Kepala Disnakkan Kabupaten Situbondo Achmad Junaidi menjelaskan, tujuan dilaksanakan kontes ternak adalah untuk mendapatkan bibit ternak yang berkualitas guna peremajaan. Tujuan berikutnya, memberikan motivasi kepada peternak untuk memproduksi bibit ternak yang berkualitas dan memberi penghargaan bagi peternak yang berprestasi. Perlu diketahui, kontes ternak ini merupakan pestanya para peternak.
 
“Peserta kontes adalah sapi dan domba sapudi milik peternak yang berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo. Jumlah peserta lomba yaitu 153 ekor sapi unggulan dan 26 ekor domba sapudi. Sehingga total peserta lomba adalah 179 ekor,” jelasnya.
 
Masih Kepala Disnakkan Kabupaten Situbondo menerangkan, kontes ternak Tahun 2023 berlangsung selama tiga hari, mulai Tanggal 29 sampai 31 Mei 2023. Kemudian, ada 12 kategori yang di lombakan dalam kontes ternak ini, antaranya 10 kategori untuk ternak sapi dan 2 kategori domba sapudi.
 
“Sapi ada kategori jantan PO brahman, induk PO brahman, calon induk PO brahman, pedhet betina PO brahman, keremian ekstrem, keremian hasil IB, induk hasil IB, calon keremian hasil IB, calon induk hasil IB, dan pedhet betina hasil IB. Selanjutnya domba sapudi ada dua kategori, terdiri dari kategori jantan domba sapudi dan betina domba sapudi,” pungkasnya. (Yit/Red) 

Berita Terkait

Top