Lansia Terlantar Ditemukan Warga Di Jalan, Polsek Arjasa Antar ke Ponpes Fatchul Huda Sumberanyar, Situbondo


Situbondo | Arjunanewsonline.com – sekira Sabtu, (09/12/2023) siang viral beredar ditemukannya lansia terlantar. Menurut keterangan lansia tersebut ditemukan warga sedang kebingungan mencari rumah anaknya di Arjasa. Oleh warga lansia tersebut dibawa ke kantor Polsek Arjasa untuk diamankan. 
 
Dari petugas Polsek Arjasa ditemukan keterangan bahwa lansia tersebut bernama Samuji asal Ambon dan sedang mencari anaknya di Arjasa. Petugas Polsek Arjasa pun langsung gerak cepat mencari informasi mengenai keterangan tersebut. 

((Full)) Pertandingan FINAL‼️SMPN 1 PANJI VS SMPN 1 SITUBONDO‼️Liga Pelajar Bupati CUP IV 2023‼️

Tak berselang lama, didapatkan informasi bahwa keluarga lansia tersebut berada di Dusun Banyutingal, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Melalui Bpk. Rahmat (Petugas Polsek Arjasa) didapatkan keterangan bahwa pihak keluarga sudah dihubungi namun tidak ada satupun yang mau hadir ke kantor Polsek Arjasa.
 
“Mengenai lansia terlantar tersebut sudah kami dapatkan informasi pihak keluarga, namun tidak ada satupun yang mau hadir ke kantor Polsek Arjasa. Mereka menuturkan tidak mau merawat bapak samuji tersebut.”; kata Bapak Rahmat, polisi asli Lumajang tersebut.
 
Pada siang itu juga, hadir di kantor Polsek Arjasa yaitu Kyai Akhlis, pengasuh Ponpes Fatchul Huda yang beralamatkan di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Akhlis menyampaikan bahwa lansia tersebut merupakan santri kategori khusus di pondoknya. 
 
“Betul mas, bapak samuji ini adalah santri binaan kami, termasuk santri kategori Khusus yaitu lansia terlantar. Dia sudah tidak dikehendaki keluarganya.”; kata kyai muda tersebut. Ponpes Fatchul Huda memiliki layanan penanganan ODGJ (Orang dengan gangguan jiwa), terapi, dan Rehabilitasi. Termasuk juga penanganan lansia terlantar. 
 
Kyai Akhlis menambahkan bahwa bapak Sumaji beberapa hari minta pulang ke rumahnya mau bertemu anaknya. “Iya mas, bapak samuji ini dari kemarin minta pulang ke rumahnya mau bertemu anaknya. Saya tidak kasih ijin biar anaknya ke pondok, orangnya malah meninggalkan pondok tanpa ijin dan tiba-tiba saya mendapatkan kabar kalau ada di Polsek Arjasa.”; kata Pengasuh Ponpes Fatchul Huda ini. 

FINAL‼️Liga Pelajar Bupati CUP IV 2023‼️SMPN 1 SITUBONDO JUARA 1‼️SMPN 1 PANJI JUARA 2‼️

Pihak pondok menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas kinerja Polsek Arjasa yang gerak cepat membantu masyarakat yang membutuhkan. Terutama bapak Rahmat yang ada di kantor Polsek Arjasa, juga bapak Dicky dan Deki yang membantu mengantar lansia tersebut sampai ke pondok menggunakan kendaraan polisi.
 
Semoga kejadian ini menjadikan contoh untuk petugas kepolisian lainnya sehingga terwujud Kepolisian Promoter. Sukses selalu Kepolisian Republik Indonesia. (Red)

Berita Terkait

Top