Hadi Terpilih Sebagai Ketua FOKWAS 2022-2025


Situbondo | Arjunanewsonline – Forum Komunikasi Wartawan Situbondo (FOKWAS) pada momentum bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah/2022 menggelar acara penyegaran pengurus yakni pemilihan ketua baru dan jajaran pengurusnya bertempat di rumah salah satu wakil ketua lama (Hadi, red) Jalan Raya Cermee, Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Kamis, (28/04/2022).
 
Hadi seorang wartawan dari Media Online Jejak Kasus terpilih menjadi Ketua FOKWAS Kabupaten Situbondo.
 
Terpilihnya Hadi sebagai Ketua FOKWAS hingga tahun 2025 mendatang, setelah 17 suara yang hadir dalam acara musyawarah pengurus sekaligus penyegaran di rumah wakil ketua lama.
 
Dalam acara ini sejumlah pengurus FOKWAS lama turut hadir. Di antaranya Hadi selaku Wakil Ketua dan Imam Memo selaku Sekretaris, Ipung selaku Wakil Bidang Organisasi. Sedangkan Ketua yang lama FOKWAS Mashuri yang akrab juga disapa Petrok tidak hadir di acara ini.
 
Selama pelaksanaan musyawarah pemilihan, panitia menerapkan protokoler kesehatan, lantaran acara ini di gelar masih dalam situasi Pandemi Covid-19 serta di bulan suci Ramadan.
 
Sedangkan pelaksanaan pada awal acara musyawarah sendiri sempat diwarnai ketegangan. Lantaran adanya protes soal administrasi kepengurusan yang masih belum benar adanya.
 
Meski begitu, ketegangan tersebut akhirnya cair, setelah semua peserta menyepakati seluruh poin dalam Pemilihan Ketua FOKWAS.
 
Dalam kontestan pemilihan ketua, hanya ada satu calon yang mengikuti pemilihan. Maka berlangsung acara penetapan, Hadi akhirnya dinyatakan jadi ketua dan langsung ditetapkan sebagai ketua usai memperoleh dukungan dari 17 suara wartawan yang hadir, dari total anggota 22 wartawan yang bergabung. Begitu Hadi dipilih dan ditetapkan, suasana pun kembali santai.
 
“Saya ucapkan terima kasih semuanya. Yang jelas, seluruh kekurangan yang sudah disampaikan, akan segera kita lengkapi. Kegiatan jurnalistik juga akan kita perbanyak untuk bisa mengedukasi masyarakat,” kata Hadi, sesaat setelah terpilih menjadi Ketua FOKWAS.
 
Sementara itu, Sunawi selaku pembina organisasi tersebut dalam sambutannya memberikan petuahnya soal organisasi FOKWAS dan perkembangannya.
 
“FOKWAS adalah organisasi para wartawan yang bertugas di wilayah Situbondo dari berbagai Media Cetak dan Online. Meskipun ada di beberapa wilayah yang vakum,” beber Sunawi.
 
Sebagai organisasi profesi, kata Sunawi, FOKWAS mempunyai penasehat dari anggota PWI juga. Yang selalu menyarankan agar wartawan yang bergabung di organisasi ini supaya mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).
 
“Yang tujuannya untuk meng-upgrade para wartawan. Maka dengan UKW tersebut, wartawan yang berada di bawah naungan FOKWAS diharapkan kian profesional,” ucapnya.
 
Menurut salah satu Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Banyuwangi, Imam Memo menegaskan, bahwa keberadaan para jurnalis sangat membantu Pemkab Situbondo dalam menyampaikan seluruh kegiatan Bupati, Wakil Bupati maupun kegiatan yang bisa diketahui oleh masyarakat luas.
 
“Peran media sangat penting. Semoga terus bisa mengedukasi masyarakat dan membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan kebijakan Bupati maupun kegiatan yang bersifat pelayanan publik,” pungkasnya. (Irwan/Red)
Posted in News

Berita Terkait

Top