P3-TGAI Desa Landangan Situbondo Sangat Bermanfaat Bagi Petani


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Diberitakan sebelumnya Program P3-TGAI yang mana banyak menimbulkan pro kontra. Namun tanggapan masyarakat maupun petani sekitar banyak manfaatnya.
 
Hal itu disampaikan salah satu petani di Desa Landangan, Pak Agus menyampaikan bahwa, “Program Irigasi untuk pertanian sangat bermanfaat dan kalau bisa programnya ditambah. Karena masih kurang yang dibangun irigasi untuk pertanian”, harapnya.
 
Hal yang sama juga disampaikan Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) atau Kelompok P3a Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo menyebutkan, “Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3-TGAI) yang dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Berantas jatim BBWS Berantas ) melalui Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II. Dan itu sangat bermanfaat dan membantu terhadap para petani”, ungkapnya.
 
Sementara itu, Kades Landangan Situbondo, Kamirul Maarif menjelaskan bahwa, “Program Irigasi yang sudah dibangun di desa kami khususnya sangat sangat membantu, lantaran diluar anggaran desa”.
 
Pasalnya, program bantuan tersebut selain mampu meningkatkan produktifitas pertanian . Bantuan ini juga dapat menciptakan padat karya, sehingga perekonomian masyarakat di era pandemi covid ini bisa terbantu karena kegiatan tersebut.
 
”Program bantuan ini sangat bermanfaat dan kita laksanakan sesuai spek, harapan kami bisa lancar dan aman, saat ini kondisi pembangunanya sudah 80 persen”, ungkapnya.
 
“Jadi kami sampaikan terimakasih kepada Pak Sumail DPR RI Dapil Situbondo dari Partai Gerindra dan juga aspirator yang sudah memberikan programnya di desa kami. Dan kami selalu siap untuk ditempatkan program selanjutnya”, imbuhnya.
 
Ditambahkan, “Jika program P3 TGAI di Desa Landangan mampu mengairi hektaran sawah di sekelilingnya, maka akan ada peningkatan produktifitas sampai 20 persen, yang semula 1 hektar hanya 7 sampai 8 ton, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan akan mampu menghasilkan 10 ton per hektarnya. Ini akan membuat pengairan bisa lancar dan produktifitas padi maupun bawang bisa meningkat,” pungkasnya. (Mahalli/Red)

Berita Terkait

Top