Acara “Modepito & Molo’opu Camat” Dimeriahkan Dengan Adat Gorontalo


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Setelah beberapa hari lalu dilantik manjadi camat Limboto Barat, Pada hari ini Jum’at tanggal 12 November 2021 telah dilaksanakan acara Mengantar, “Modepito” Camat Pulubala Farid Mulyono Yusuf, S.IP bersama ketua tim penggerak Pkk kecamatan, Ibu Djustin Ibrahim, SH di Kecamatan Limboto Barat, Kabupateb Gorontalo, dan sesuai pantauan ARJUNA acara mengantar “Modepito” tersebut terlihat wajah-wajah yang sedih. Minggu, (14/11/2021).
 
Namun apa daya harus meninggalkan tugas dan harus berpisah dengan warga dan seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Pulubala untuk menjalankan tugas pemerintahan  yang baru diwilayah Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo.
 
Sebelumnya prosesi Adat “Modepito” dilakukan, Camat Farid Mulyono Yusuf, didampingi sang istri Djustin Ibrahim menyampaikan, permohonan maaf, baik kepada keluarga maupun kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya diwilayah kecamatan Pulubala. Karena ia menyadari sebagai manusia biasa, pasti ada kesalahan dan kehilapan, baik sengaja maupun tidak sengaja selama dalam melaksanakan tugasnya menjabat camat Pulubala.
 
Dalam prosesi adat “Modeoito” di ikuti langsung oleh para pemangku Adat yang dipimpin langsung oleh kepala lembaga Adat, (Bate Lo Limutu To Pulubala) Mahmud Lamadi bersama (Tuntungio) serta Pegawai Sara dipimpin (Tuan Hakimu) H. Djafar Kaluku serta sekuruh staf kecamatan Pulubala masing-masing Kasie (Kesos) Mahmud Tolinggu, (Trantib) Ismal Kau, (PMD Irmawati Moonti, (Pel/Um) Orlin Ahaya, (Pemerinhan) Hamdan Karim, (Peencenaan) Udar Said bersama staf kecamatan pulubala dan seluruh kepala desa se-kecamatan pulubala.
 
Setelah sampai di tempat tujuan di depan kantor camat limboto barat, Camat Farid Mulyono Yusuf bersama Djustin Ibrahim, SH oleh ketua lembaga adat (Bate Lo Limutu To Pulubala) Mahmud Lamadi langsung di sambut oleh Burhan Muha selaku (Bate Lo Bo’ungo To Otolopa) langsung di sambutnya dengan “Longgo” adat Gorontalo saat memasuki halaman rumah dinas kecamatan. Usai itu para pemangku Adat kecamatan pulubala meninggalkan temoat dan oleh para pemangku Adat Kecamatan Limboto Barat di laksanakan Adat “Molo’opu”.
 
Pada acara “Molo’opu” camat baru di kecamatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Gorontalo yang di wakili oleh Kabaq protokoler kabuoaten gorontalo, Rahmat K Mohamad, (Bate Lo Bo’ungo To Otolopa), Burhan Moha bersama Wakil (Tuntungio), para Salada’a, Kepala desa (Huidu Utara) Waner S Taib, (Huidu) Drs. Muhtar Am Mohune, (Pone) Saipul Daud, (Tunggulo) Abd Azis K Usman, (Yosonegoro) Isa Hanapi, (Hutabohu) Rustam H Pomalingo, (Ombulo) Irdan Eksan, (Daenaa) Jefri Rahim, (Padengo) Nasir Puhi bersama Husain Abdullah dari (Hayahaya),  Kapolsek Limboto Barat dan Koramil 1314-02/Limboto, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dan pemuda serta seluruh staf kecamatan Limboto Barat.
 
Dengan selesainya pelaksanaan Prosesi Adat Gorontalo  “Molo’opu” oleh ketua lembaga adat kecamatan limboto barat (Bate Lo Bo’ungo To Otolopa) kepada camat Farid Mulyono Yusuf, S.IP bersama Isteri Djustin Ibrahim, SH di akhiri dengan ramah tama. (Udun/Red)

Berita Terkait

Top