Bung Karna Bagikan Ratusan Sertifikat Halal, SHAT Bagi Pelaku UKM & Penyerahan Hibah Barang


 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta Wakil Bupati (Wabup) Situbondo, Nyai. Hj. Khoirani serta Sekdakab Wawan Setiawan membagikan sertifikat halal produk olahan makanan dan minuman serta Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) juga penyerahan hibah barang kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Situbondo yang berlangsung di Pendapo Arya Situbondo. Kamis, (28/12/2023).

Perumahan Baiti Jannati 2‼️Tanah & Bangunan‼️Sepenuhnya Masih Milik PT. BDB Situbondo‼️

Keterangan yang dihimpun Memo X, ada 200 sertifikat halal dan 30 SHAT yang dibagikan. Hingga tahun 2024, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Situbondo menargetkan 250 SHAT yang dibagikan secara gratis kepada pelaku UKM.
 
Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan dari pembagian sertifikat halal tersebut yakni memastikan pelaku UKM memiliki produk-produk yang bersertifikat halal, khususnya produk olahan makanan dan minuman.
 
“ Sehingga ada keamanan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk. Kemudian, agar pelaku UKM ini bisa menjual produk halal. Dan ini yang tidak kalah pentingnya, semua produk UMKM, UKM dan IKM wajib memiliki sertifikat halal pada bulan Oktober 2024, ”ujarnya.
 
Lebih lanjut, Bupati Situbondo yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, tujuan dari pemberian SHAT adalah untuk memberikan kepastian hukum atas tanah dan bangunan yang dimiliki oleh pelaku UKM. 
 
“ Alhamdulillah ini adalah komitmen pemerintah daerah untuk memberikan sertifikat hak atas tanah secara gratis kepada pelaku UKM yang ada di Kabupaten Situbondo, ”imbuhnya.
 
Selain pembagian sertifikat halal dan SHAT, kata pria asli kelahiran Situbondo ini, Pemkab Situbondo juga memberikan hibah barang kepada 12 kelompok UKM. Hibah barang ini berupa mesin jahit, peralatan perbengkelan roda dua, peralatan las, mesin produksi kopi dan peralatan barista.
 
“ Saya berpesan kepada yang dapat mesin jahit segera digunakan untuk usaha menjahitnya lancar, yang dapat peralatan las segera digunakan untuk mengelas. Semoga apa yang kami berikan ini bisa meningkatkan pendapatan mereka. Sehingga kesejahteraan mereka pun ikut meningkatkan, ”terangnya.

6 OKNUM POLISI POLRES SITUBONDO⁉️Diduga PUKUL Seorang PEMUDA‼️Hingga WAJAH Nyaris TAK DIKENALI‼️

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo, Edy Wiyono pada kesempatan tersebut menjelaskan, selain memberikan sertifikat halal kepada pelaku UKM, pihaknya terus melakukan pelatihan hingga pendampingan kepada pelaku UMKM di Kota Santri Pancasila.
 
“ Ada lima hal yang intens kami lakukan agar UMKM kita ini bisa maju. Pertama bagaimana SDM UMKM ini bisa unggul, makanya sering kita latih mereka. Kedua adalah permodalan. Nah, ini kami fasilitasi mereka (pelaku UMKM, red) dengan beberapa perbankan dan koperasi, ”ujarnya.
 
Lanjut Mantan Kadis Bapenda Situbondo itu, yang ketiga itu berkaitan dengan kualitas produk UMKM kita. Artinya jangan sampai setelah mereka (pelaku UMKM, red) setelah berkembang pesat, tiba-tiba kualitas produknya diturunkan. Keempat adalah kemasan. Kami mempunyai rumah kemasan dan kita selalu menfasilitasi mereka bagaimana mendesain kemasan yang menarik. Kelima adalah marketing atau pemasaran ini sangat penting. 
 
” Kami telah bekerjasama dengan Shopee dan Lazada. Karena kalau produk ini dipasarkan hanya secara manual itu akan kalah dengan UMKM yang lainnya, ”pungkasnya. (Red)

Berita Terkait

Top