Jadi Pertanyaan Publik ! Pengadaan PJU di Ruas Jalan Raya Mangaran Situbondo Yang Menelan Ratusan Juta


(Foto: Pekerjaan Konstruksi Pengadaan dan Pemasangan PJU Ruas Jalan dari Desa Curah Jeru, Kec. Panji sampai perempatan Desa Mangaran, Kec. Mangaran yang dianggarkan melalui DBCHT Kabupaten Situbondo dengan besaran Rp. 447.618.000,00 Tahun 2022. Red).
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Lagi lagi jadi pertanyaan Pengadaan dan Pemasangan PJU Ruas Jalan Desa Curah, Kecamatan Panji sampai perempatan Desa Mangaran, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo ini jadi pertanyaan. Pasalnya pekerjaan tersebut yang dianggarkan melalui DBCHT yang melekat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo senilai Rp. 447.618.000,00 tidak sesuai faktanya. Lantaran sepanjang ruas jalan dari Desa Curah Jeru belum terselesaikan hingga ke perempatan Desa Mangaran. Hal inilah yang menjadi pertanyaan warga pengguna jalan tersebut.
 
Salah satu warga pengguna jalan inisial KM yang enggan disebutkan namanya mengatakan, “Pengadaan PJU di sepanjang jalan raya Desa Curah Jeru menuju ke perempatan Desa Mangaran memang sangat dibutuhkan warga. Tetapi kok tidak sampai ke perempatan Mangaran”, tanyanya. Kamis, (24/11/2022).
 
Ia mengaku, “Memang di sepanjang jalan di tengah tengah sawah perbatasan antara 2 kecamatan (Kecamatan Panji dan Kecamatan Mangaran. Red) masih gelap dan rawan kecelakaan”.
 
Menanggapi keluhan masyarakat pantauan Team Arjuna saat dilokasi. Dalam pemasangan dan pengadaan PJU (Penerangan Jalan Umum) tidak sampai ke perempatan Desa Mangaran. Dan memang patut menjadi pertanyaan pengadaan PJU tersebut yang sudah menelan ratusan juta itu.
 
Terpisah, saat Arjuna News mengkonfirmasi Kabid PJU Dishub Situbondi, H. Iwan mengatakan kepada Arjuna News bahwa, “Pekerjaan tersebut adalah salah satu program prioritas Bupati yang dianggarkan melalui anggaran DBHCHT yaitu Pemasangan PJU. Untuk pemasangan PJU sepanjang jalan Desa Curah Jeru sampai menuju Mangaran. Untuk tahun ini memang sampai sampai perempatan Mangaran”, jelasnya.
 
“Hal tersebut dikarenakan anggarannya memang tidak sampai perempatan Mangaran. Kekurangan pemasangan PJU tersebut akan dianggarkan di tahun berikutnya. Tahun ini Bapak Bupati memang menganggarkan untuk pemasangan PJU sebesar 6M (Rp. 6 Milliar. Red) yang tersebar di semua ruas jalan Kabupaten yakni di seluruh Kecamatan (17 Kecamatan. Red) Kabupaten Situbondo”, imbuh H. Iwan mantan Kabid DPKP Situbondo ini.

 
Lanjut H. Iwan, “Oleh sebab itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Situbondo untuk dapat mengawal dan mendukung semua program Bapak Bupati. Karena untuk tahun depan bapak Bupati msih menganggarkan kembali program pemasangan PJU yang akan dilaksanakan diseluruh jalan kabupaten yang berada di kecamatan Situbondo. Dan untuk diketahui semua pemasangan PJU disertai dengan pemasangan kWh yang bertujuan agar pemakaian PJU tersebut dapat terukur”, ungkapnya.
 
“Dan kami juga berharap kepada seluruh masyarakat Situbondo untuk sekiranya tidak memasang PJU liar. Karena hal tersebut dapat membebani terhadap pembayaran tagihan rekening listrik”, tutupnya. (Mus/Red)

Berita Terkait

Top