Kadis Pertanian Situbondo Membenarkan Adanya Pungli & Sudah Dikembalikan Ke Para Petani Oleh Poktan


(Foto: Kantor Dinas Pertanian, Jl. Merak No.24, Plaosan, Patokan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Red)
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Diberitakan sebelumnya adanya keluhan para petani penerima bantuan pupuk gratis non subsidi dari Pemkab Situbondo, yakni para petani dari sejumlah dusun di Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, namun diminta uang oleh oknum kelompok tani (Poktan)  setempat.
 
Dengan kejadian tersebut saat Arjuna News mengkonfirmasi Kadis Pertanian Kabupaten Situbondo, Hariyadi membenarkan atas dugaan pungli yang dilakukan oknum Kelompok Tani (Poktan) setempat dengan mengembalikan kepada para petani yang sudah embatnya. Kamis, (24/11/2022).

🔴 Wawancara Eksklusif‼️Ketua PCNU Situbondo: NU Jadikan Rumah Besar Bersama‼️

“Tim Dispertangan dan PPL Arjasa sudah turun ke Jatisari (Desa. Red) dan meminta kepada poktan untuk mengembalikan dan uang sudah dikembalikan kepada para petani”, singkatnya.
 
Diberitakan sebelumnya adapun cara melakukan pungutan liar (Pungli) terhadap para petani penerima bantuan pupuk gratis non subsidi, oleh oknum kelompok tani itu, dengan melakukan penarikan pungli nominal yang bervariatif yakni antara Rp. 10 ribu hingga mencapai Rp. 50 ribu per sak dengan alasan yang berbeda setiap dusun.
 
Untuk di Dusun Dempas para petani dimintai uang sebesar Rp. 50 ribu per sak, dengan alasan untuk biaya administrasi, di Dusun Campalok dan Dusun Krajan, Desa Jatisari diminta uang antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 25 ribu, dengan alasan untuk biaya angkut.
 
Padahal, sesuai dengan program Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM. yang sering dipanggil dengan Bung Karna saat menyalurkan bantuan pupuk gratis dengan total sebanyak 665 ton yang dialokasikan melalui anggaran DBHCHT tahun 2022, dengan total anggaran sekitar Rp. 5,6 miliar, para petani penerima bantuan tidak dipungut biaya, dengan alasan apapun. Namun dengan kejadian ini sangatlah disayangkan sekali. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top