Polres Situbondo Gandeng Dinkes Periksa Kesehatan Anggota Polri dan ASN Dalam Rangka Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Memperingati Hari Hipertensi Sedunia, Polres Situbondo menggandeng Dinas Kesehatan kabupaten Situbondo melakukan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini faktor resiko penyakit Tidak Menular (PTM) tahun 2022 kepada seluruh anggota Polri dan ASN Polres Situbondo. Kegiatan digelar di gedung Bhayangkara Jananuraga. Senin, (23/05/2022).
 
Hadiri dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto S.H.,M.H., Kadinkes Kab. Situbondo Dwi Herman Susilo, Skm., Asisten 1 Pemkab Situbondo Kholil S.P.,M.P., Kabid P2P Dinkes Desy T., Perwakilan Kodim 0823 Situbondo Lettu Windi dan Pejabat Utama Polres serta Kapolsek Jajaran.
 
Dalam sambutannya mewakili Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., Wakapolres Kompol Pujiarto S.H.,M.H., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Situbondo dan Dinas Kesehatan Kab. Situbondo yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi seluruh anggota Polres Situbondo.
 
Pemeriksaan kesehatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia dan Gerakan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) tahun 2022 di Polres Situbondo yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, gula darah, asam urat, kolesterol dan rapid antigen.
 
“ Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Dinkes Situbondo telah memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan dalam rangka Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) tahun 2022 dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia “ tutur Kompol Pujiarto.
 
Sementara itu, Kadinkes Kab. Situbondo Dwi Herman Susilo, Skm mengungkapkan bahwa setiap tahun pada tanggal 17 Mei masyarakat dunia memperingati hari Hipertensi Sedunia. Sebagai salah satu penyakit yang selalu berada pada 10 besar penyakit terbanyak dunia, harus semakin waspada akan bahaya yang timbul sebagai komplikasi dari penyakit tersebut. Sebagai penyakit yang menyerang setidaknya satu dari lima orang dewasa, hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit yang membutuhkan penanganan yang tidak mudah dan tidak murah.
 
Selain itu penyakit lanjutan seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal, serta gangguan penglihatan merupakan penyakit yang sering timbul sebagai komplikasi dari hipertensi, terutama yang keadaannya tidak terkontrol. Jika merasa sering mengalami pusing, kaku pada tengkuk, cepat lelah, maupun sulit tidur, maka kita harus waspada bahwa bisa jadi kita menderita hipertensi. Keadaan ini harus lebih diperhatikan terutama jika kita mempunyai riwayat penyakit keluarga hipertensi, berat badan yang berlebih, serta menerapkan pola makan yang salah. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah secara rutin setidaknya satu bulan sekali tanpa harus menunggu timbulnya gejala penyakit yang lebih serius.
 
“Melalui pemeriksaan atau deteksi dini terhadap penyakit diharapkan bisa mencegah bila ada penyakit yang lebih parah. Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan selama 3 hari tanggal 23 sampai dengan 25 mei 2022 dengan peserta anggota Polres Situbondo baik Polri dan ASN “ paparnya.
 
Usai pembukaan kegiatan oleh Wakapolres Situbondo, Kadinkes dan Asiten 1 Pemkab dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini faktor resiko penyakit Tidak Menular (PTM) tahun 2022 dengan target setiap hari 200 orang. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top