Acara Rutinan Petik Laut Desa Pesisir, Situbondo Bentuk Rasa Syukur


(Foto: Acara Selamatan Desa/Petik Laut berlangsung meriah di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jatim. Red).

Situbondo | Arjunanewsonline.com – Petik laut adalah sebuah upacara adat atau ritual sebagai rasa syukur kepada Tuhan, dan untuk memohon berkah rezeki serta keselamatan yang dilakukan oleh para nelayan. Umumnya, kegiatan ini diadakan di seluruh pulau Jawa.
 
Informasi yang dihimpun oleh Arjuna News Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Besuki, Polres Situbondo melakukan pengamanan kegiatan Selamatan Desa/Petik Laut yang bertempat di PPI Dusun Gudang, Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Situbondo, Jawa Timur. Minggu, (05/02/2023).
 
Dihadiri oleh (Bung Karna) Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM, Wabup Hj. Khoirani, S.Pd, MH, Camat Besuki Taufan A. Jaksana, S.Stp, MSi, Kapolsek Besuki AKP Achmad Sulaiman, Danramil Besuki Lettu Suyitno, Kades Pesisir, Ahmadi beserta staf dan Habib Mustafa Al Hirij.

HISTERIS‼️Warga Desa Tanjung Kamal Sampai PINGSAN‼️Merasa Lahannya Diserobot Oleh Pihak Tambak‼️

Dalam sambutannya, Bung Karna Bupati Situbondo menyampaikan bahwa, “Kami Bupati dan Wakil Bupati Situbondo akan selalu terus melayani masyarakat. Dan Selamatan Desa (Petik Laut. Red) ini dalam rangka berdoa yakni semoga diberikan keselamatan, semoga diberikan kesehatan semuanya, dan barokah. Dan semoga warga desa pesisir diberikan kesejahteraan”, ujarnya.
 
Sementara itu, saat Arjuna News mengkonfirmasi Kades Pesisir, Ahmadi membenarkan bahwa, “Selamatan Desa/Petik Laut sebagai bentuk rasa syukur warga kami. Dengan itu kami selaku Pemdes mensupport dengan menggelar acara rutinan ini setiap tahun”.

🔴 Merasa Diserobot‼️Warga Desa Tj. Kamal, Situbondo‼️Bereaksi‼️Pasang Batas Lahannya‼️

Ia berharap, “Agar kedepan lebih meriah lagi dari tahun sekarang. Dengan acara petik laut ini juga bisa menjalin erat hubungan persaudaraan khususnya para nelayan di pesisir”, pungkasnya. (Honggi/Red)

Berita Terkait

Top