Monev BBWS Brantas Jatim, P3 TGAI Situbondo di Beberapa Titik Secara Keseluruhan Di Atas Rata Rata


(Foto: Saat lakukan Monev lokasi P3 TGAI yang didampingi oleh Kades Panji Lor, Ketua Hippa Desa Panji Lor, dan aspirator P3 TGAI wilayah Kec. Panji, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Red)

Situbondo | Arjunanewsonline.com – P3 TGAI Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas lakukan monitoring dan evaluasi (monev) di beberapa titik yakni 84 yang terdiri dari 16 kecamatan se Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pekerjaan padat karya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) jenis kegiatan irigasi jaringan Irigasi Tersier.

 
Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Jawa Timur Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II yang dianggarkan melalui APBN.
 
Wahyu Edi Nugroho, ST Ketua Tim Monitoring P3 TGAI BBWS Brantas Jatim yang merupakan leading sektornya Kementerian PUPR menjelaskan saat lakukan monev di lokasi Panji Lor, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.
 
“Utamanya, program ini sifatnya kegiatan padat karya yang melibatkan semua elemen masyarakat. Tujuannya meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsungnya perekrutan tenaga kerja dan secara tidak langsung saluran irigasi menjadi lebih baik untuk mengairi area persawahan lebih maksimal”, ungkapnya.
 
Ia mengaku, “Khusus untuk Kabupaten Situbondo, Jawa Timur saat tim kami melakukan Monev di beberapa titik secara keseluruhan di atas rata rata. Dan sesuai dengan Spesifikasi dan RAB yang dibuat”, ungkapnya.
 
Ditempat yang sama, Kades Panji Lor H. Achmad Bukhori juga menyampaikan bahwa. 
 
“Alhamdulillah, kegiatan P3 TGAI di Desa kami sangatlah bermanfaat bagi lahan pertanian. Lantaran saluran irigasi dapat meminimalisir air yang merembes dan dapat mengairi sawah dengan maksimal kurang lebih 20 Hektar yang dapat manfaatnya”, jelasnya.
 
Ia berharap, “Kalaupun ada program padat karya lagi, desa kami masih membutuhkan dan selalu siap. Karena petani sangatlah merespon dengan baik dan sangat berterimakasih”.
 
Kemudian Tim Monitoring dan Evaluasi BBWS Brantas Jatim melanjutkan perjalanannya ke Desa Juglangan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo dan disambut baik oleh para petani dan Kades Juglangan, Subagyo atau lebih dikenal dengan sebutan SBY.
(Foto: Saat lakukan Monev lokasi P3 TGAI yang didampingi oleh Kades Juglangan, Ketua Hippa Desa Juglangan, dan aspirator P3 TGAI wilayah Kec. Panji, Kab. Situbondo, Jawa Timur. Red)
 
Dalam kesempatan itu, SBY mengatakan kepada awak media bahwasannya, “Program P3 TGAI Desa Juglangan sangatlah bermanfaat khususnya bagi petani desa kami. Dan kami atas nama pemerintah desa dan petani mengucapkan terima kasih. Dan program ini salah satunya yang dikerjakan di desa kami. Ya senanglah, bahkan para petani sudi memberikan tanda terimakasih kepada pekerja dengan sekedar memberikan hasil panenan bahkan memberikan rokok serta camilan kepada pekerja”.
 
Petani setempat Pak Andi juga mengatakan, “Terimakasih kepada Pak Sumail Anggota DPR RI Pusat Partai Gerindra yang melalui aspiratornya sudah memberikan program yang bermanfaat bagi petani di desa kami. Bilamana ada program lanjutan yang melalui Pak Sumail kami sangatlah senang sekali”, harapnya. (Tim/Red) 

Berita Terkait

Top