Karnaval Desa Kayumas, Situbondo Bentuk Rasa Cinta Tanah Air di HUT Kemerdekaan RI Ke 77


(Foto: Kades Kayumas, Abdul Jalil saat Pawai Karnaval dengan dikawal prajurit ala keraton dan menaiki Tandu. Red).
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Kali ini Pemerintah Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, mengadakan berbagai kegiatan lomba dan yang meriah saat ini Pawai Carnaval dengan berbagai kostum yang diikuti oleh ratusan peserta tidak lain untuk meramaikan momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 dan Serangkaian Selamatan Desa Tahun 2022.
 
Tentunya kegiatan yang diadakan merupakan salah satu upaya mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah membela dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Terlihat ratusan masyarakat tumpah ruah sekedar menjadi penonton.
(Foto: Penampilan Peserta Pawai Karnaval dengan atraksinya bersama Kuda Kencak. Red).
 
Awal pemberangkatan Karnaval Kades Kayumas, Abdul Jalil dengan kostum keraton yang juga memakai pengawal dan diangkut menggunakan tandu. Sontak membuat masyarakat sangat senang, yang selama ini tidak adakan kegiatan kegiatan selama masa pandemi.
 
Selanjutnya peserta pawai budaya menampilkan keragaman kesenian yang diikuti oleh beberapa dusun diantaranya kuda kencak, tari gandrung, can macanan, atraksi lainnya dan serangkaian kegiatan selamatan desa serta berbagai macam lomba agustusan. Pawai Karnaval Start berlangsung di Dusun Pele dan berakhir Finish di Cafe Kayumas. Kamis, (25/08/2022).
(Foto: Kades Kayumas, Abdul Jalil saat memberikan sambutan sembari menahan air matanya arti dari kebahagiaan yang tak terbendung. Red).
 
Serangkaian kegiatan setiap peserta menampilkan kesenian masing masing dan dinilai oleh para juri terdiri dari pegiat budaya, serta juri yang berkompeten dalam bidang kesenian.
 
Dalam sambutannya, Kades Abdul Jalil, menyampaikan bahwa. “Alhamdulillah bersyukur kegiatan Carnaval bisa dilaksanakan pada tahun ini dengan antusias masyarakat yang sangat luar biasa. Yang mana selama masa pandemi 2 tahunan tidak ada kegiatan kegiatan seperti ini”.
 
“Semoga tahun berikutnya akan tetap ada kegiatan semacam ini yang tentunya lebih meriah. Kami sebagai Kades Kayumas sangatlah bangga kepada masyarakat dan sangat berterimakasih bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Namun bilamana masih ada kekurangan kami mohon maaf”, seraya mengusap air matanya sehingga tidak bisa melanjutkan sambutannya. Karena ungkapan kebanggaannya terhadap masyarakat yang sangat antusias.
(Foto: Peserta Pawai Karnaval Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur).
 
Sementara itu, Ketua Panitia, Kusnadi juga menyampaikan bahwa, “Kali ini kami mengadakan Pawai Karnaval dengan diikuti oleh 8 dusun yakni Dusun Sokma Elang, Dusun
 
“Dan sebagai panitia kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Kades Kayumas dan utamanya masyarakat telah banyak mensukseskan acara yang diadakan oleh Pemerintah Desa”. (Tim/Red)
 
Salam Perjuangan
 
Jaya Indonesia
 
Merdeka…!

Berita Terkait

Top