Polres Situbondo Gelar Rakor Lintas Sektoral Bahas Kesiapan Operasi Ketupat Semeru


 

Situbondo | Arjunanewsonline.com – Jelang Idul Fitri 1444 H dan pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran mendatang, Polres Situbondo menggelar rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Ketupat Semeru 2023 bersama sejumlah instansi terkait, Kamis (13/4/2023).

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. bersama Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani, S.Pd., M.H. dan Sekda Wawan Setiawan, S.H., M.H. serta Kasdim 0823 Situbondo Mayor Inf Sampak, S.Ag. diikuti oleh Kepala Dinas Instansi terkait, Ketua MUI, perwakilan PD Muhammadiyah, perwakilan PCNU, perwakilan Pertamina dan SPBU, Senkom, perwakilan Bank, dan PMI.

BPK Jatim Panggil‼️Sejumlah Perusahaan Swasta Situbondo‼️Ini Kata Leojokotole Azhika Hotel‼️

Rakor digelar di Pendopo Aryo Situbondo, dimana pada kesempatan tersebut  Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto memaparkan terkait kesiapan jajaran dalam melakukan pengamanan menjelang Operasi Ketupat Semeru 2023 mendatang.

“ Lebih kurang sekitar 1 minggu lagi perayaan Idul Fitri 1444 H, jadi mulai dari sekarang kita harus pastikan kesiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran” ungkap AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Menurut Kapolres Situbondo rakor ini diperlukan guna menyatukan persepsi seluruh instansi lintas sektoral yang terlibat untuk mewujudkan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya sesuai instruksi Presiden dan Kapolri.

Adapun pada pengamanan ini melibatkan sekitar 450 personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Perhutani, SOP Pelabuhan, Senkom dan instansi terkait lainnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, terdapat 5 pos yang dipersiapkan oleh Polres Situbondo yang terdiri dari 1 pos Pelayanan dan 4 pos Pengamanan yang mana tersebar dibeberapa titik jalur Pantura Situbondo mulai jalan raya Banyuglugur sampai jalan raya Hutan Baluran.

“ Kita usahakan H-7 Idul Fitri seluruh persiapan sudah benar-benar matang mulai dari personel, mapping, pos pengamanan maupun pelayanan dan sarana lainnya guna mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2023 ” jelasnya.

Lebih lanjut Kapolres Situbondo menyebutkan, Operasi Ketupat Semeru 2023 sendiri akan berfokus pada meminimalisir terjadinya gangguan Kamseltibcar lalu lintas di wilayah hukum Polres Situbondo, menekan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas karena diprediksi untuk wilayah Jawa Timur akan kedatangan 24,7 juta pemudik.

“ Tentu kita berharap seluruh rangkaian pengamanan baik Idul Fitri, arus mudik maupun arus balik berjalan lancar, maka dari itu diharapkan seluruh personel yang telibat dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab sehingga tidak hanya sukses melainkan menjadi amal ibadah bagi kita semua ” tutupnya. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top