IWO Situbondo Doa Bersama & Nyalakan Lilin Sebagai Bentuk Refleksi Peringati Hari Pers Nasional 2023


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Ikatan Wartawan Online (IWO) yang tergabung puluhan media dan puluhan wartawan Kabupaten Situbondo tidak ketinggalan untuk memperingati moment yang penting bagi kaum jurnalis.
 
Tentunya Negara Indonesia tidak main-main dan bukan tanpa alasan menempatkan Pers di garda terdepan sebagai Pilar ke 4 Demokrasi Negara Indonesia. Dengan moment yang penting ini IWO Kabupaten Situbondo menggelar Doa Bersama dan Nyalakan Lilin tepat di bundaran air mancur pusat Kota Santri Alun Alun Situbondo. Dihadiri oleh Ketua IWO (Ikatan Wartawan Online), Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), dan puluhan wartawan yang tergabung di IWO Kabupaten Situbondo. Jumat, (10/02/2023) malam.
 
Dalam kesempatan itu, Ketua IWO, Zainul atau Inung sapaan akrabnya dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Di hari PERS Nasional kami lakukan doa bersama dan menyalakan lilin untuk memperingati moment penting ini sebagai simbol refleksi”.
 
“Kita menyalakan lilin adalah ajang refleksi. Dengan menyalakan lilin memberikan penerangan kepada masyarakat dari setiap karya kami di dunia Jurnalis. Dengan menyajikan sebuah berita yang akurat, no hoax”, terangnya.
 
Ia menambahkan, “Apalagi di era digitalisasi ini Wartawan Online dituntut untuk berkualitas menyajikan sebuah pemberitaan kepada masyarakat luas. Karena Teknologi sebagai urat nadi IWO”.
 
Senada juga disampaikan oleh Syaiful Bahri Bidang SDM IWO Situbondo, “Bahwa kegiataan doa bersama dan nyalakan lilin ini bentum refleksi untuk kita sebagai profesi jurnalis. Yang mana kita dituntut untuk menyajikan berita yang berkualitas dan akurat. No Hoax…Dan kami IWO Situbondo siap bersinergi dengan organisasi-organisasi pers lainnya karena kami se profesi, jangan anggap ini sebuah saingan. Mari kita bersama sama menjalankan profesi dengan meningkatkan kualitas wartawan seperti uji kompetensi wartawan”, sergahnya.
 
Ditempat yang sama, Edi Supriyono Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Situbondo juga menyampaikan, “Sebelumnya kami terimakasih kepada teman-teman IWO. Di hari Pers Nasional ini tentunya kita harus bisa berlaku profesional dalam profesi. Menjadi wartawan yang bisa menyajikan berita yang berkualitas kepada masyarakat”.
 
“Dan saya juga sepakat yang disampaikan oleh teman-teman IWO bahwa membangun kualitas wartawan itu sangat penting. Tentunya teman-teman wartawan sekalian harus bisa menyajikan berita yang berkualitas. Karena ini sudah jamannya tsunami informasi, yang mana masyarakat tidak bisa membedakan berita hoax atau tidak hoax. Perlunya teman-teman wartawan sekalian untuk dapat menyampaikan informasi dengan utuh. Hidup IWO…Hidup PWI”, pungkasnya.
 
Syukur alhamdulillah kegiatan doa bersama dan nyalakan lilin sebagai bentuk refleksi diri berjalan lancar walaupun langit sudah menampakkan mendung pertanda hujan mau turun. Dan kemudian usai acara seakan langit mendengar hujan pun turun membasahi tanah, sejuk rasanya. (Tim/Red)
Posted in News

Berita Terkait

Top