AKBP Andi Sinjaya: Forkopimda Situbondo Wujudkan Mudik Aman dan Sehat Dengan Sinergi Lintas Sektoral


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Jelang pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M, Forkopimda Situbondo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo. Kamis, (21/94/2022).
 
Rakor dipimpin Kapolres Situbondo, AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. bersama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina, S.I.P. dan Sekretaris Daerah Drs. H. Syaifullah, M.M., yang dihadiri Pejabat Utama Polres, Kodim 0823, Kepala Dinas dilingkungan Pemkab Situbondo, Subdenpom V/35 Situbondo, perwakilan BUMN, perwakilan Perbankan, Tokoh Agama dari MUI, DMI, PCNU, dan Muhamadiyah, KSOP Panarukan serta stakeholder.
 
 
 
Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan dalam Idul Fitri tahun ini Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran dengan syarat sudah melakukan vaksinasi lengkap dan Booster sesuai dengan Surat Edaran Satgas penanganan COVID -19 No.16 tahun 2022, tentang ketentuan pelaku perjalanan dalam Negeri dimasa pandemi COVID -19.

Korem 133 Nani Wartabone‼️Salurkan Bantuan Tunai‼️Ratusan PKL & Nelayan‼️Di 2 Kecamatan Sekaligus‼️

 
Sedangkan untuk pengamanan lebaran, Polri menggelar Operasi Ketupat Semeru 2002 merupakan operasi kemanusiaan yang dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022 guna menciptakan harkamtibmas dan kamseltibcarlantas selama pelaksanaan Idul Fitri 1443 Hijriyah di Kabupaten Situbondo.
 
“Tagline dari pak Kapolri, Mudik Aman dan Sehat sehingga untuk mewujudkan pelaksanaan mudik ditengah pandemi COVID-19, Polres Situbondo berkomunikasi, berkolaborasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk memastikan faktor keamanan dan kesehatan masyarakat yang melakukan mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun 2022“, jelas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H.
 
Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina, S.I.P dalam kesempatan ini menyampaikan, pada tahun ini akan terjadi peningkatan jumlan pemudik. Sehingga perlu diantisipasi agar mudik aman, sehat dan selamat.
 
“Jajaran Kodim 0823 Situbondo siap mendukung tugas Polri untuk mensukseskan operasi ketupat semeru 2022 sehingga berjalan lancar dengan tetap mengingatkan masyarakat yang mudik agar tetap memperhatikan Prokes Covid-19. Kunci utama keberhasilan dalam mengamankan mudik adalah sinergitas antara TNI Polri dan Pemerintahan“, tandas Dandim 0823 Situbondo.
 
Selanjutnya Sekda Drs. H. Syaifullah, M.M.menyampaikan arahan Presiden RI, bahwasannya masyarakat diperbolehkan untuk mudik lebaran tahun 2022 namun dengan syarat sudah mendapatkan 2 kali vaksin dan 1 kali Booster, serta tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
Selain itu, perlu diantisipasi bencana alam akibat cuaca yang tidak menentu seperti banjir, pohon tumbang dan tananh longsor khususnya di jalur Pantura yang dapat menimbulkan kemacetan. Hlm ini perlu diantisipasi karena info dari Kemenhub sekitar 17 ribu kendaraan yang akan mudik pada puncaknya arus mudik diperkirakan tanggal 28 dan 29 April 2022.
 
“Untuk itu, semuanya Pemkab Situbondo, Polres Situbondo dan Kodim 0823 Situbondo dan semua pihak pada Rakor lintas sektor kali ini bersinergi untuk melakukan persiapan semaksimal mungkindikarenakan lebaran kita tahun ini liburnya sangat panjang, untuk itu perlu ekstra yang luar biasa“, papar Sekda.
 
Dalam mudik lebaran kali ini diprediksikan peningkatan jumlah pemudik dikarenakan sudah tidak diberlakukan penyekatan maupun larangan mudik oleh Pemerintah. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top