Penyaluran Dana BLT DBHCHT Sasar Ribuan Penerima di 14 Kecamatan Kabupaten Situbondo


(Foto: Saat Bung Karna (Bupati Situbondo) Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan DBHCHT Tahun 2023. Red).
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023. Dana tersebut akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu di sejumlah wilayah penghasil tembakau di Situbondo. Rabu, (01/11/2023).
 
Adapun data yang dihimpun Arjuna News untuk BLT Dana DBHCHT dialokasikan sebesar Rp. 3.327.300.000 tahun 2023 yang mana bantuan langsung tunai ini kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.
 
Ada sekitar 3.697 orang yang nantinya akan menerima bantuan tersebut. Mereka adalah buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK ada 10 orang, serta buruh tani tembakau sebanyak 3.536 orang menurut data dari Dinas Sosial Kabupaten Situbondo.
 
Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM. mengatakan bahwa, “Saya berharap ini bisa tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya saat membuka sambutan dalam acara Sosialisasi BLT DBHCHT, Selasa (5/9/2023) lalu (Sumber: Prokopim Kabupaten Situbondo).
 
Bupati Situbondo yang dikenal dengan sebutan Bung Karna (BK) mengemukakan bahwa BLT DBHCHT ini diberikan bagi masyarakat kurang mampu di 14 kecamatan penghasil tembakau. 
 
“BLT Dana DBHCHT Tahun 2023 ini menjadi upaya pemerintah daerah agar masyarakat yang tidak mampu bisa menikmati bantuan dengan sebaik-baiknya”, jelasnya.
 
Ia berharap, Bung Karna juga meminta agar ke depan penyaluran BLT DBHCHT 2023 bisa lebih merata lagi atau tak hanya menyasar 14 kecamatan yang merupakan sentra penghasil tembakau.
 
Sementara itu, Timbul Surjanto selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo menyampaikan.
 
“Ada sekitar 3.697 orang penerima bantuan langsung tunai DBHCHT tahun anggaran 2023 yang berasal dari 14 Kecamatan di Kabupaten Situbondo”, katanya.
 
Ia menambahkan, “Masing-masing penerima bantuan langsung tunai DBHCHT Rp. 900.000 per orang selama tiga bulan, yakni Oktober, November dan Desember Tahun 2023, atau penerima bantuan tunai Rp. 300.000 per bulan”.
 
Berikut adalah daftar kecamatan di Kabupaten Situbondo yang menjadi sasaran penyaluran BLT DBHCHT:
 
Kecamatan Asembagus
Kecamatan Banyuputih
Kecamatan Besuki
Kecamatan Bungatan
Kecamatan Jatibanteng
Kecamatan Jangkar
Kecamatan Kapongan
Kecamatan Arjasa
Kecamatan Kendit
Kecamatan Mlandingan
Kecamatan Panarukan
Kecamatan Panji
Kecamatan Situbondo 
Kecamatan Sumbermalang
 
Masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BLT DBHCHT Tahun 2023 bisa menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Situbondo.
 
(Foto: Saat penyaluran BLT Pangan beras 10 kg yang diberikan langsung ke penerima manfaat dibantu oleh TNI Polri dan perangkat Kelurahan Mimbaan. Red).
 
Salah satunya penyaluran BLT Beras yang diterimakan oleh 1.015 penerima manfaat pada hari Senin, (09/10/2023) lalu di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.
 
Ilham, S.Sos. selaku Lurah Mimbaan menyampaikan kepada Arjuna News bahwa.
 
“Warga Kelurahan Mimbaan yang menerima bantuan pangan beras sebanyak 1.015 KPM (Keluarga Penerima Manfaat)”, ujarnya.
 
“Selanjutnya dengan dibantu TNI Polri (Babinsa Danramil Panji serta Bhabinkamtibas Polsek Panji. Red) dan perangkat Kelurahan Mimbaan memverifikasi KPM yang diwajibkan membawa undangan yang telah diterima beserta KTP-el asli baru Beras BLT diberikan langsung”, sambungnya.
 
Informasi yang dihimpun Arjuna News. Mekanisme pengambilan, KPM diwajibkan membawa undangan yang telah diterima beserta KTP-el asli. KPM yang telah hadir mengumpulkan undangan kepada perangkat desa, dan menunggu untuk dipanggil sesuai dengan antriannya. Bagi KPM yang berhalangan hadir dapat diwakilkan dengan membawa KTP asli Penerima, KTP yang mewakili dan Surat Kuasa bagi yang mewakili tidak dalam 1 Kartu Keluarga (KK). (Red)

Berita Terkait

Top