Korem 133/Nani Wartabone Gelar Upacara Hari Pahlawan Nasional Ke-76 Tahun 2021


 

Gorontalo | Arjunanewsonline.com – Korem 133/Nani Wartabone  menggelar Upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke-76, 10 November 2021 Tahun 2021, bertempat di lapangan Upacara Makorem 133/NW Jln. Trans Sulawesi Ds. Tridharma Kec. Pulubala Kab. Gorontalo. Rabu, (10/11/2021).
 
Kasiter Korem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Marthen Pasunda.S.Sos bertindak selaku Inspektur Upacara serta diikuti oleh 3 SST Personel Jajaran Korem 133/NW, dalam kesempatan tersebut Irup membacakan Amanat Menteri Sosial RI pada Upacara Hari Pahlawan Tahun 2021, pada hari ini tanggal 10 November 2021 kita dapat bersama-sama memperingati Hari Pahlawan. 
 
Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun lita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.
 
Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928.
 
Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka: Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua.
 
Saudara-Saudara yang saya hormati, Kita harus lebih maju dari tahun sebelumnya. Kita akan buktikan pada dunia, kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia.
 
Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “Mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.
 
Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.
 
Saudara-Saudara yang saya hormati, Selanjutnya sebagai penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Marilah kita bersama meluangkan waktu sejenak untuk melakukan hening cipta secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat di manapun kita berada, seraya berdo’a semoga segala amal ibadah yang telah dilakukan para pahlawan mendapat balasan yang berlipatganda dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.
 
Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik. Semoga ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan. Kobarkan semangat, tekad, dan keyakinan para pahlawan. (Udun/Red)

Berita Terkait

Top