DPR RI H. Sumail Kawal Aspirasi Desa, Luncurkan Program BSPS Guna Percepatan Pembangunan Kabupaten Situbondo


 
(Foto: Anggota DPR RI H. Sumail Abdillah Kawal Aspirasi Desa, Luncurkan Program BSPS Sebanyak 247 Unit se Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Red).
 
 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Ir. H. Sumail Abdullah adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI selama dua periode. Ia mewakili daerah pemilihan Jawa Timur III, yang meliputi Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Sumail merupakan kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra), ia bertugas di Komisi V.
 
Beberapa Program untuk mendukung Program Pemkab (Bung Karna) Bupati Situbondo dalam hal Sarana Prasarana serta Infrastruktur khususnya di Kabupaten Situbondo ini. Ia mengawal aspirasi masyarakat melalui kades kades untuk bisa membantu memfasilitasi rumah warga yang benar-benar tidak layak huni dan meluncurkan program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) yang dikawal oleh jajaran Partai Gerindra. Hingga saat ini tahap pembangunan rumah layak huni ada 247 se Kabupaten Situbondo. 
 
Di setiap Desa masing-masing dapat 15 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Nilai Anggaran berkisar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) per Unit.
 
Pantauan Arjuna News hal ini tergantung bagaimana permintaan warga penerima dan sanggup untuk menambah biaya tak terduga, bilamana itu maunya di perbesar lagi, dari hasil perencanaan yang dianggarankan Rp. 20 juta per unit. 
 
Masing-masing Desa penerima tersebut, meliputi 8 Kecamatan yakni Banyuputih, Asembagus, Jangkar, Arjasa, Kapongan, Mangaran, Panarukan, Bungatan Kabupaten Situbondo. Menyasar kepada kriteria Warga yang Miskin Produktif.
 
Hal ini disampaikan oleh salah seorang Pelaksana BSPS dirumah kediaman sembari bincang ringan.
 
”Per Desa yang mendapatkan Program ini, ada 15 unit BSPS. Namun ini masih sangat minim sekali bila disandingkan dengan beberapa warga yang benar-benar membutuhkan bantuan ini, berharap ada tambahan unit lagi di setiap desa penerima”, ucapnya.
 
Niyanto selaku Kades Bayeman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, juga menyatakan menyampaikan bahwa. Selasa, (07/03/2023).

🔴 Sumail Abdullah Anggota DPR RI Fraksi Gerindra‼️Lakukan Monev di Beberapa Desa se Kabupaten Situbondo ‼️

“Diluncurkannya program BSPS per Desa yang hanya 15 unit, dianggarkan Rp. 20 juta per unit itu tidak cukup untuk kebutuhan belanja bahan bangunan. Bila tidak ada tambahan lagi swadaya dari penerima sendiri dan jika dipaksakan dengan anggaran 20 juta”, jelasnya.
 
“Nampaknya tidak lengkap bisa saja tidak ada genting, atap-atapnya. dan mengenai per Desa hanya mendapatkan 15 unit, itu perlu ada tambahan. Karena masih banyak warga kami yang sama membutuhkan program ini belum tercover”, imbuhnya.
 
”Kami sangat berterima kasih dengan adanya Program BSPS, yang bisa bermanfaat untuk Warga Desa Bayemanan. Meski tidak keseluruhan warga tidak mampu bisa terjamah sampai ke dusun terpencilnya. Berharap ada tambahan di tahun berikutnya”, cetusnya.
 
Sementara itu, Ir. H. Sumail Abdillah Anggota DPR RI Komisi V saat dikonfirmasi Arjuna News membenarkan bahwa. “Usulan dari beberapa desa/kades di Kabupaten Situbondo kepada kami untuk Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dari Kementerian PUPR untuk kriteria warga miskin produktif. Dalam hal ini Stimulan yang artinya dari anggaran Rp. 20 juta itu terbagi, Rp. 17,5 juta untuk pembangunan dan Rp. 2,5 juta untuk tukang. Walaupun tidak cukup harapan kami itu kan ada stimulan atau swadaya dari masyarakat. Minimal itu rumah tumbuh atau tahan gempa”, ungkapnya.
 
“Bukan hanya itu dalam bulan bulan 7 tahun 2023 ini kita sudah menyampaikan usulan kurang lebih 50 desa se Kabupaten Situbondo kepada Kementerian PUPR untuk mendapatkan proyek jalan desa. Jadi kami sangat mendukung Bupati Situbondo (Bung Karna) dalam hal ini membangun infrastruktur minimal yang tidak tercover di Kabupaten Situbondo. Dan banyak lagi bantuan bantuan yang kami luncurkan seperti halnya Pamsimas dan proyek irigasi untuk pertanian”, pungkasnya. (Mus/Red)

Berita Terkait

Top