Tingkatkan Ekonomi Petani, Sereh Wangi Gorontalo Sudah Direalisasikan


Gorontalo | Arjunanewsonline.com – PT Cipta Kastimmdo Persada (CMP GROUP) pada Sabtu kemarin 30 Juli 2022 telah merealisasikan kerjasama dengan pihak para petani di provinsi Gorontalo dalam rangka pengembangan budidaya tanaman Sereh Wangi. Realisasi kerjasama tersebut dibuktikan dengan Pencanangan perdana budidaya Sereh Wangi di Desa Satria, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo. Senin, (01/8/2022).
 
Dalam acara pencanangan penanaman perdana budidaya Sereh Wangi, Presiden Komisaris PT Cipta Kastimmdo Persada, Risno Yusuf diwakili Direktur Produksi dan Pengembangan Kawasan PT Cipta Kastimmdo Persada, Hari Butolo. Dalam sambutannya, Risno Yusuf yang diwakili Direktur Produksi dan Pengembangan Kawasan mengatakan, Pihaknya akan memberdayakan dan meningkatkan perekonomian para petani di Gorontalo melalui kegiatan usaha budidaya tanaman Sereh Wangi.
 
“Tanaman Sereh Wangi yang dikenal di Gorontalo biasa disebut (Timbuwale Monu) dengan kata bahasa Manado (Baramakusuh) ternyata tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, setelah daun dan batang nya tersebut melalui tahapan proses penyulingan untuk dijadikan Produk Minyak Sereh Wangi,” ungkapnya.
 
Lanjut Risno, Sereh Wangi bermanfaat untuk pembuatan berbagai produk, salah satunya seperti bahan kosmetik/farmasi dan obat oles dan produk. Dan tentunya minyak Sereh Wangi ini memiliki potensi pasar yang bagus bila kita mampu menyediakannya dalam skala Industri serta permintaan pasar nantinya Sereh Wangi itu sendiri cukup tinggi, baik dari lokal, antar pulau serta regional, dan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku Minyak Sereh Wangi, para petani Peserta dan anggota kerjasama akan di Fasilitasi okeh PT. Cipta Kastimmdo Persada dengan mulai tahapan budidaya sampai pengolahan dan pemasaran serta pelaksana dilapangan itu akan dibina oleh pihak Ketiga yakni Perusahaan Mitra Kerjasama berupa CV yang ditunjuk oleh PT. Cipta Kastimmdo Persada.
 
“Oleh karena itu kita terlebih dahulu ada penandatanganan kerjasama yang meliputi Identifikasi Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) untuk Penyerahan bantuan modal penanaman dan bantuan pupuk serta pembinaan teknis Pra dan Pasca Panen sehingga semua berada dalam satu kesatuan Pola Kemitraan,” ujar Risno.
 
Tidak hanya itu Risno juga mengungkapkan, Untuk pengembangan Sereh Wangi ini pihak perusahaan tidak menggunakan dana atau anggaran Pemerintah melainkan memanfaatkan Dana Swasta secara penuh (Consortium Financing), dan dana tersebut setidaknya dapat membantu untuk memberdayakan masyarakat petani Gorontalo, sekaligus menjadikan lahan di Gorontalo lebih produktif secara teknis tanaman Sereh Wangi tidak diganggu hewan lepas, seperti sapi dan kambing agar hanya sekali ditanam dan dipanen beberapa kali yakni sekitar 3 sampai 4 kali dalam satu tahun. Ia pun mengakui pencanangan penanaman budidaya Sereh Wangi ini sempat tertunda beberapa bulan lalu, tapi sekarang ini sudah direalisasikan.
 
“Pencanangan penanaman Sereh Wangi yang dilakukan saat ini merupakan jawaban kongkrit atas diskusi panjang dimasyarakat pada waktu lalu yang mempertanyakan (Apakah Benar ada program Sereh Wangi), sekarang kita buktikan dan kita realisasikan program budidaya Sereh Wangi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat petani untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para petani Gorontalo,” kata Risno. 
 
Dia juga menjelasakan, Alasan perusahaan memilih Desa Satria Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorotalo sebagai tempat pencanangan, yaitu mewakili desa-desa lainnya. Selain itu juga mudah dijangkau dari daerah Kabupaten Bolaemo, Pohuwato dan Gorotalo Utara.
 
Risno menambahkan, PT Cipta Kastimndo Persada telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan 22 CV mitra yang tersebar di tiga kabupaten, yakni, kabupaten Pohuwato 11 CV, Kabupaten Boalemo, 3 CV dan Kabupaten Gorontalo 8 CV. Selain itu juga telah menjalin kerjasama dengan petani yang tersebar di wilayah kerja CV mitra.
 
Direalisasikannya pencanangan penanaman perdana budidaya Sereh Wangi tersebut disambut gembira petani di Provinsi Gorontalo. “Sekitar seribu massa petani sereh wangi datang dari beberapa daerah menyaksikan dilaksanakannya penanaman perdana budidaya Sereh Wangi di areal lahan yang sudah disiapkan oleh panitia,’’ujar Direktur CV. Agro Wangi Star, Sri Mattalita Mohammad alias Dhita yang turut hadir di acara pencanangan budidaya tanaman Sereh Wangi di Desa Satria.
 
Kata Dhita, antusias petani Sereh Sangi di Gorontalo ini sebagai rasa yang terindah setelah beberapa bulan menannti resminya penanaman budi daya Sereh Wangi tersebut.
 
Dengan direalisisakannya penanaman perdana ini, ucap Dhita terjawab sudah apa yang dikawatirkan oleh pihak masyarakat atas dugaan ketidak benaran tekait wacana penanaman Sereh Wangi ini di Gorontalo. (Udun/Red)

Berita Terkait

Top