DPUPP Situbondo Beli 1 Unit Baby Roller dari Dana DBHCHT Guna Menunjang Pekerjaan Pemeliharaan Jalan


 
Situbondo | Arjunanewsonline.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPP) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, membeli 1 unit baby roller dari dana Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023. Alat berat ini dibeli untuk menunjang pekerjaan pemeliharaan jalan di wilayah Kabupaten Situbondo.
 
Hal ini tentunya guna mendukung kebijakan Bung Karna (Bupati Situbondo) untuk memaksimalkan pembangunan infrastruktur jalan yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Situbondo lebih baik.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala DPUPP Situbondo, Eko Prionggo Jati, ST., M.Si., mengatakan bahwa pengadaan baby roller ini merupakan salah satu upaya DPUPP Situbondo untuk meningkatkan kualitas pemeliharaan jalan di Situbondo. Sabtu, (28/10/2023).
 
“Baby roller ini merupakan alat berat yang sangat diperlukan untuk pekerjaan pemeliharaan jalan, terutama untuk pekerjaan penggilasan aspal,” katanya.
 
Dengan adanya baby roller ini, diharapkan pekerjaan pemeliharaan jalan di Situbondo dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.
 
“Sekarang, DPUPP Situbondo sudah memiliki 2 unit baby roller. Satu unit baby roller yang lama dan satu unit yang baru dibeli dari dana DBHCHT,” sambung Eko.
 
Pengadaan baby roller ini merupakan salah satu program DPUPP Situbondo untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Situbondo. Selain baby roller, DPUPP Situbondo juga telah membeli sejumlah alat berat lainnya untuk menunjang pekerjaan pemeliharaan jalan.
 
“Kami berharap dengan adanya pengadaan alat berat ini, pekerjaan pemeliharaan jalan di Situbondo dapat dilakukan dengan lebih baik dan berkualitas,” pungkasnya.
 
Pengertian Baby Roller dan Macam Macamnya serta kegunaannya;
 
Vibratory Roller atau Baby Roller adalah merupakan aplikasi untuk meratakan permukaan dengan operating weight kurang dari 3 ton. Vibratory roller atau Baby roller ini dipergunakan untuk memadatkan tanah atau bahan Aspalt, tetapi Vibratory roller atau baby roller mempunyai kemampuan daya tekan atau daya memadatkan sampai beberapa ton. Oleh karena itu Vibratory roller atau baby roller ini biasa dipergunakan oleh para kontraktor jalan guna untuk memadatkan urugan (timbunan). Vibratory roller atau baby roller tersedia tipe Single Drum & Double Drum.
 
Baby Roller ini sendiri memiliki beberapa macam atau merk seperti merk Masterpac yang mempunyai tipe Single Drum maupun Double Drum. Selain merk Masterpac, ada juga merk Mikasa, Miktec, Sakai, Wacker Neuson, dan Enar Ren.
 
Fungsi barang ini adalah untuk meratakan aspal. (Red)

Berita Terkait

Top