Proyek Toilet DAK Ratusan Juta Kepala SDN 2 Perante Situbondo Amini Sarat Kejanggalan


 

Situbondo | Arjunanewsonline.com – Dinilai sarat kejanggalan, Proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Jenis Kegiatan Pembangunan Toilet yang dibangun di sejumlah sekolah dengan biaya ratusan juta tanpa listrik.
 
Kamar mandi atau toilet di SD Negeri 2 Perante, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo dibangun dengan biaya mahal ini yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang rampung 1 (satu) pekan yang lalu pada tanggal (06/10/2021) tak sesuai harapan seperti mengutip siaran CNN Indonesia TV.
 
Mulai dari ketiadaan instalasi listrik, hingga tak dilengkapi tandon atau bak air. Pihak sekolah pun menemukan beberapa pintu bilik toilet yang sudah retak serta cat dinding yang tidak merata. WC-nya pun jongkok.
 
Kepala Sekolah SDN 2 Perante, Miarso mengamini ada banyak kekurangan dari bangunan kamar mandi tersebut. Namun, ia tidak bisa berbuat banyak karena Dinas Pendidikan Pemkab Situbondo yang membangun.

Proyek Toilet DAK 2021‼️SDN 2 Perante Situbondo‼️Sarat Kejanggalan ⁉️

 
 
“Kalau cari kekurangan memang banyak, itu artinya saya harus menuntut. Ini kan karena kontraktual sudah di satu pintu di dinas. Mungkin pelaksanaannya atau bagaimana,” ujar Miarso.
 
Pembangunan kamar mandi juga dilakukan Dinas Pendidikan Situbondo di SDN 2 Pesanggerahan Jangkar. Pembangunan sudah berjalan 60 persen.
 
Padahal, dalam laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), proyek pembangunan tersebut tertulis telah dibatalkan.
 
Pembangunannya pun bermasalah. Lantai depan kamar mandi tidak dibangun menggunakan pondasi, melainkan hanya timbunan batu bata.
 
“Iya [memang sesuai anggaran], paling mahal buat atap sama keramik. [105 juta] itu sudah pantas,” ucap salah satu pekerja proyek, Imam.
 
Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Pendidikan mengadakan proyek pembangunan kamar mandi di 29 sekolah dengan anggaran Rp105 Juta untuk tiap sekolah. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun 4 bilik toilet bagi kebutuhan siswa. (Misy/Red)
 
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211011083746-20-705950/toilet-sekolah-rp105-juta-tanpa-listrik-di-situbondo

Berita Terkait

Top