Kades Peleyan Diduga Pakai Uang Ratusan Juta TKD & BLT Dana Desa Tahun 2022


Situbondo | Arjunanewsonline.com – Diberitakan sebelumnya Kades Peleyan, Munakip masih jadi perbincangan hangat. Lantaran dianggap kinerja Kepala Desa yang tidak becus sebagai pemimpin. Yang mana ratusan juta dan puluhan juta diduga kuat dipakai oleh Kades secara pribadi.

Kades Peleyan, Panarukan‼️ Diduga Pakai Uang Ratusan Juta‼️Dana TKD & BLT Desa Tahun 2022‼️ (Part 1)

Saat lintas media dan lintas lembaga mendatangi kantor Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo tetapi Kepala Desa tidak berada dikantor sangat disayangkan. Namun saat tim media menggali informasi dengan mengklafirikasi dan mengkonfirmasi Pemdes ditemui langsung oleh Sekdes, Surakep dan Kaur Perencanaan Desa Peleyan, Haris atau dikenal dengan sebutan Ayik mengungkapkan bahwa. Rabu, (04/01/2023).
 
Sekdes, Surakep mengatakan bahwa, “Kades tidak ngantor, barusan kami dipanggil ke Kantor Kecamatan Panarukan untuk menyelesaikan permasalahan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Tahun 2022 yang keuangannya dipakai oleh Pak Kades kurang lebih Rp. 30 Juta Rupiah ada 100 penerima manfaat. Namun sudah ada pernyataan bersama untuk segera menyelesaikan BLT DD Tahun 2022 untuk direalisasikan ke warga”, jelasnya.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Kaur Perencanaan, Haris atau sering disebut dengan Ayik ditanya terkait permasalahan TKD (Tanah Kas Desa), ia mengaku, “Kalau untuk penghasilan Desa mulai Tahun 2020 hingga sekarang Tahun 2022, TKD itu digadaikan dengan Kades sekitar Rp. 200 Juta Rupiah ada 2 hektaran yang tidak masuk Penghasilan Aset Desa dan diterima langsung oleh Kades sendiri”.
 
Sebelumnya memang Camat Panarukan membahas masalah Bantuan Langsung Tunai (BLT). “Yang dipertanyakan oleh Camat Panarukan kepada Kepala Desa Peleyan, karena sampai hari ini tidak adanya realisasi. Sehingga Kepala Desa Peleyan berjanji secepatnya akan direalisasikan kepada 100 penerima manfaat, dengan nilai kurang lebih Rp 30 Juta Rupiah”, imbuhnya.
 
Saat Arjuna News mengkonfirmasi Camat Panarukan, Adik juga membenarkan bahwa pertemuan dengan Kades Peleyan dan bersama puluhan perangkat Desa guna untuk melakukan pembinaan. Serta menyelesaikan permasalahan yang kurang baik atas tata kelola Pemerintahan Desa.
 
“Kami melakukan pembinaan terkait pengelolaan uang BLT DD dengan nota kesepakatan bersama akan segera secepatnya diselesaikan. Dengan Surat perjanjian ditandatangani oleh kepala desa beserta perangkat Desa Peleyan dan disaksikan kami selaku Camat Panarukan,” pungkasnya. (Tim/Red)

Berita Terkait

Top