Terancam Dibongkar ! Proyek DAK Pembangunan Toilet SDN 2 Pesanggerahan Tanpa Ventilasi


(Foto: Proyek Pembangunan Toilet DAK SDN 2 Pesanggerahan, Kec. Jangkar, Kab. Situbondo, Jatim)

Situbondo | Arjunanewsonline.com – Diberitakan sebelumnya Proyek Pembangunan Toilet yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 dengan pagu kontrak Rp 105 juta rupiah, Kontraktor CV. Khennedy nomor kontrak 027/051.1/431.201.3/PPK/DAK.Konst/2021 melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo terindikasi asal asalan. Berawal dari uplodan LPSE terjadi dibatalkan namun faktanya di lapangan dikerjakan.
 
Berita terkait:

Aneh, Data di LPSE Batal Tetapi Proyek di SDN 2 Pesanggerahan Dikerjakan

Aneh, Data di LPSE Batal Tetapi Proyek di SDN 2 Pesanggerahan Dikerjakan

Sebenarnya tujuan pemerintah untuk pembangunan Toilet (DAK) tepatnya di SDN 2 Pesanggerahan, Kecamatan Jangkar ini sangatlah baik. Selain demi kelancaran sarana dan prasarana sekolah,  juga sangat membawa dampak positif. Namun sayangnya bila teknik pembangunan tidak di serahkan kepada ahlinya akan membawa dampak negatif. Dari sanalah akan terindikasi pekerjaan tersebut asal dikerjakan.

 
Dikonfirmasi melalui WhatsApp pribadinya selaku ULP LPSE Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin mengatakan kepada Arjuna News, “Disitu tertulis paket gagal atau dibatalkan. Karena Peserta tidak memasukkan Dokumen Penawaran pada SPSE. Kemudian paket diulang yang artinya paket ini adalah proses ulang dari yang sebelumnya batal”, jelasnya. Jumat, (22/10/2021).
 
Dugaan kuat tamaknya pelaksana yang mengerjakan proyek tersebut, sangat sembrono dan terkesan kurang profesional. Sebelum proyek itu di bangun, harusnya lebih memerhatikan gambar atau RAB. Sehingga dapat menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Namun seakan akan hal itu disepelekan, maka jika terjadi yang tidak diinginkan siapa yang akan bertanggung jawab ? 
 
Sementara itu saat dilokasi dikonfirmasi Arjuna News. Pekerja dan Kepala Tukang yang enggan disebut namanya mengenai ventilasi pembangunan Toilet tersebut, tidak tahu menahu. Lantaran tidak memegang gambar.
 
Ketika lebih jauh lagi saat wartawan menanyakan apakah memang sudah sesuai spek dan gambar dalam pengerjaannya.
 
“Yang jelas seperti itu cara kerjanya sudah”, katanya dengan geram seakan tak menghiraukan pertanyaan dari wartawan.
 
Ditempat yang sama, salah satu Guru yang tidak mau disebut namanya juga menyayangkan, “Gimana sih teknik pembangunannya kok gak ada ventilasinya. Ada sih, tetapi kok sepertinya kurang etis, hanya 1 bata yang berdiri bersebelahan hingga menjadikan lubang ventilasi. Itu kan bisa sangat pengap kalau didalam, apalagi toilet”, tanyanya.
 
Terpisah, Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo melalui Sarpras, Pak Arnoto saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa dirinya, “Akan bergegas langsung turun lapangan dan menegor pelaksana. Dan segera memperbaiki dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Sebab bila tidak diperbaiki, saya anggap pekerjaan itu tidak selesai 100 persen. Dan saya tidak akan merekomendasikan pembayarannya. Bahkan sudah dibuatkan surat pernyataan diri aebelumnya dengan kami”, pungkasnya.
 
Menyikapi pernyataan dari dinas terkait yang berwenang atas kepengawasan proyek tersebut. Bilamana pelaksana proyek tidak sesuai dengan perencanaan bahkan tidak sesuai gambar akan terancam dibongkar. Karena kalau tidak segera diperbaiki dianggap tidak selesai 100 persen. (Mus/Red)
 

Proyek Toilet DAK 2021‼️SDN 2 Perante Situbondo‼️Sarat Kejanggalan ⁉️

 
 

Berita Terkait

Top